Search This Blog

Tuesday 19 April 2011

PEMBULUH DARAH KORONER

PEMBULUH DARAH KORONER














Meliputi seluruh permukaan jantung yang membawa nutrisi dan oksigen ke miokardium melalui cabang-cabang intramiokardial yang kecil-kecil.
Arteri koroner
Arteri koronaria adalah cabang pertama dari sirkulasi sistemik. Muara arteri koronaria ini terdapat dalam sinus valsalva dalam aorta, tepat di atas katup aorta. Sirkulasi koroner terdiri dari arteri koronaria kiri dan arteri koronaria kanan.
Arteri koronaria kiri
Dibagi menjadi 2 cabang besar yaitu : ramus desenden anteriol (LAD) dan ramus cirkumplex (LCx). Arteri ini melingkari jantung dalam dua lekuk anatomis eksterna yaitu : sulkus arterio ventrikuler yang melingkari jantung diantara atrium dan ventrikel, dan sulkus intraventrikuler anteriol yang memisahkan kedua  ventrikel. Pertemuan dua lekuk ini di bagian posterior jantung yang dikenal dengan kruk jantung. Arteri koronaria kiri tidak bercabang lagi sesudah meninggalkan pangkalnya di aorta. Aretri sirkumpleksa kiri berjalan ke lateral di bagian kiri jantung dalam sulkus atrioventrikularis kiri arteri desendens arterior kiri menyatakan perjalanan anatomis dari cabang arteri tersebut. Arteri tersebut berjalan ke bawah pada permukaan jantung dalam sulkus interventrikularis anterior. Kemudian arteri ini melintasi apeks jantung dan berbalik arah dan berjalan ke atas sepanjang permukaan posterior sulkus interventrikularis untuk bersatu dengan cabang distal arteri koronaria kanan. Setiap pembuluh utama mencabangkan pembuluh epikardial dan intramiokardia yang khas. Arteri desendens arterior kiri membentuk percabangan septum yang memasok 2/3 bagian arterior septum dan cabang-cabang diagonal yang berjalan di atas permukaan anterolateral dari ventrikel kiri. Permukaan posterolateral dari ventrikel kiri diperdarahi oleh cabang-cabang marginal dari arteri sirkumpeksa.
Arteri koronaria kanan :
Arteri koronaria kanan berjalan ke lateral mengitari sisi kanan jantung di dalam sulkus interventrikularis kanan. Pada 90 % jantung, arteri koronaria kanan pada waktu mencapai posterior jantung akan menuju kruks lalu turun menuju menuju afeks jantung dalam sulkus interventrikularis posterior

No comments:

Post a Comment